My Inscription

  • Home
  • Jurusan
    • RPL
    • TKJ
    • MULTIMEDIA
  • Downloads
    • LINUX
    • UBUNTU
    • DEBIAN
      • Office
  • BLC TELKOM KLATEN
  • PEMROGRAMAN
  • REKAN KERJA
    • RIZKA MALA ALFIANA
    • FERRY KURNIAWAN
    • DENI OCTASAPUTRA
  • DOKUMENTASI
    • foto
    • video

Jumat, 13 Juli 2018

Rekayasa Perangkat Lunak dan pemecahan Masalah

 Srijulfiyanik.blogspot.com     21.13     No comments   

                                   
                             Hasil gambar untuk welcome
PENDAHULUAN

   Hai guys ketemu lagi diblog saya, apa kabar hari ini? semoga selalu baik-baik saja yee...
pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masalah-masalah yang terdapat dalam rekayasa perangkat lunak beserta pemecahannya. selamat membaca:))

LATAR BELAKANG

    Blog kali ini adalah pemahaman mengenai masalah apa saja yang terjadi dalam rekayasa perangkat lunak beserta cara untuk pemecahannya.
Hal ini dikupas lebih awal supaya lebih berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan kerja dan jika menemui permasalahan lewat blog ini semoga tidak terulang lagi dan juga dapat memecahkan permasalahan tersebut.

MANFAAT DAN TUJUAN

  • Meningkatkan hasil kerja lebih baik lagi
  • dalam melakukan projek kerja lebih berhati-hati setelah mengetahui pemahaman tentang masalah-masalah yang terjadi dalam rekayasa perangkat lunak 
  • lebih berkualitas kerja
  • sebagai persiapan ketika menemui masalah di projek yang akan diselesaikan
  • dapat meningkatkan percaya diri dalam memecahkan masalah
  • membekali pengalaman pemecahan masalah dapat diselesaikan dengan baik, mandiri, dan jangan takut untuk bisa karena masalah ada jalannya.
WAKTU
5 jam

ALAT DAN BAHAN

Laptop dan internet

PEMBAHASAN



                        Hasil gambar untuk rekayasa perangkat lunak



  Secara konsep, rekayasa perangkat lunak memiliki kedekatan dengan prinsip-prinsip pemecahan masalah. Pemecahan tentang masalah, strategi dan proses pemecahan masalah, serta pendekatan sistem pada pemecahan masalah akan sangat membantu proses rekayasa perangkat lunak.

PENGERTIAN
Masalah adalah perbedaan antara kondisi yang terjadi dengan kondisi yang diharapkan atau boleh juga diartikan sebagai perbedaan antara kondisi sekarang dengan tujuan yang diinginkan.

 Hubungan RPL dengan masalah dan gejala adalah perangkat lunak  hasil dari RPL merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas/masalah itu.

TIPE-TIPE MASALAH

1.    Masalah pemenuhan standar
Tipe masalah dalam kelompok ini adalah masalah yang berhubungan dngn pencapaian standar yang telah ditentukan dalam sebuah organisasi. Biasanya tujuan seperti ini berlaku dalam jangka yang relative panjang. Contoh: dalam pembuatan software dibutuhkan waktu dan proses yang panjang dalam pemenuhan standarnya.

2.    Masalah pemilihan alternative
Berhubungan dengan bagaimana memilih solusi terbaik dari berbagai alternative berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Permasalahan ini seringkali kita jumpai dalm kehidupan sehari-hari. Contoh: memilih sekolah yang tepat, memilih bidang pekerjaan, memilih lokasi tempat tinggal. 

3.    Masalah pemenuhan kepuasan konsumen 
Yaitu misalnya pada organisasi/perusahaan yang ingin untung dengan keinginan konsumen yang berbeda-beda, maka perlu dicari solusi masalah yang akan menguntungkan kedua belah pihak baik konsumen maupun perusahaan itu sendiri.

4.    Masalah pencapaian tujuan
Tipe ini mirip dengan masalah pertama (masalah pemenuhan standar). Yang berbeda adalah pada tipe ini tujuan yang ingin dicapai dapat berubah baik dan jangka pendek.


PEMECAHAN MASALAH


  • MEMAHAMI DAN MENDEFINISIKAN MASALAH
          Mendefinisikan bagian ini masalah diperbaiki karena ini proses awal dari penyelesaian masalah. Tujuannya memahami masalah dengan baik dan menghilngkan bagian yang kurang penting.

  •  MEMBUAT RENCANA PEMECAHAN MASALAH

 a. mencari berbagai cara penyelesaian yang mungkin diterapkan
 b. membuat rencana pemecahan masalah
 Jadi banyak sekali penyelesaian dan masing-masing punya karakteristik sendiri-sendiri. Dari sekian banyak rencana penyelesaian ini kita harus pilih satu yang berdasarkan persyaratan tertentu yang merupakan cara yang paling baik untuk menyelesaikan masalah. 
  • Merancang dan Menerapkan Rencana Untuk Memperoleh Cara Penyelesaian
  • Pada bagian ini rencana penyelesaian masalah diperbaiki dan diperjelas dengan pembagian dan urutan rinci yang harus ditempuh dalam penyelesaian masalah.

  • Memeriksa dan menyampaikan hasil dari pemecahan masalah
  • Bagian ini bertujuan untuk memeriksa apakah akurasi (ketepatan) hasil dari cara yang dipilih telah memenuhi tujuan yang diinginkan. Selain itu juga untuk melihat bagaimana daya guna dari cara yang dipilih.


  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke Facebook
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

  • Mengatasi Permasalahan pada PHPMyAdmin
  • Membuat Form Login ( Frontend )
  • KRISISNYA RASA CINTA TANAH AIR DIKALANGAN REMAJA SAAT INI
  • MEMBUAT PORTAL SEKOLAH

Blog Archive

About Me

  • Srijulfiyanik.blogspot.com
  • dimas ari

Pengikut

Total Pageviews

  • Features
  • _Multi DropDown
  • __DropDown 1
  • __DropDown 2
  • __DropDown 3
  • _ShortCodes
  • _SiteMap
  • _Error Page
  • Documentation
  • Video Documentation
  • Download This Template
  • Home
  • About
  • Contact

Facebook

Video News

posts

Feature

posts

Popular Posts

  • Mengatasi Permasalahan pada PHPMyAdmin
    Mengatasi Permasalahan pada PHPMyAdmin
  • Membuat Form Login ( Frontend )
    Membuat Form Login ( Frontend )
  • KERJA BAKTI ANAK BLC TELKOMKLATEN
    KERJA BAKTI ANAK BLC TELKOMKLATEN

Copyright © My Inscription | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By blogger Templates